Ayo Bantu Penghasilan Pemandu Wisata dengan Ikut Pirtual Project

Salah satu jenis pekerjaan yang kehilangan penghasilan di masa wabah corona adalah jasa pemandu wisata. Mereka adalah orang yang tahu persis seluk-beluk sebuah objek wisata dan mampu menyampaikannya dengan baik kepada wisatan.

Sayang, selama pandemi Covid-19 jasa pemandu tak lagi digunakan karena tak ada wisatawan datang datang ke objek wisata. Untuk membantu mereka, sekelompok mahasiswa membentuk komunitas kerja bernama Pirtual Project. Mereka mengajak masyarakat mengikuti wisata dengan didampingi langsung oleh pemandu di destinasi wisata tertentu melalui aplikasi Zoom.

Program Pirtual Project diinisiasi sejumlah mahasiswa yakni Reza Permadi, Irwan Thamrin, Fahriza Junizar, Muhammad Fakhri Jamaluddin, dan Nurul Aldha. Mereka adalah mahasiswa Program Magister Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pascasarjana Universitas Padjajaran atau Unpad Bandung.

“Program ini kami buat berangkat dari keprihatinan melihat keterpurukan sektor pariwisata di masa pandemi Covid,” kata Reza Permadi, pimpinan program Pirtual Project itu dalam keterangannya kepada Tempo, Sabtu 9 Mei 2020. Reza mengatakan sudah dua kali menggelar wisata virtual dengan mengajak masyarakat ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dan Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta.

 

sumber: https://travel.tempo.co/read/1340528/ayo-bantu-penghasilan-pemandu-wisata-dengan-ikut-pirtual-project/full&view=ok